Selasa, 09 Februari 2010

Semarak Tahun Baru Imlek 2010 (Shio Harimau) bersama Windows Live

Menjelang imlek, di pusat keramaian pasti banyak dihiasi oleh pernak-pernik yang serba merah. Yup, kemeriaan tahun baru China atau yang biasa disebut Imlek di tahun 2010 Masehi jatuh pada bulan Februari, tepatnya tanggal 14 Februari.

Apa sih, bedanya tahun baru Cina sama tahun baru Masehi? Sebenernya, intinya tetep sama, yaitu merayakan hari pertama di tahun yang baru. Tahun baru China merupakan festival atau perayaan tertua dan terpenting di China. Perayaan tersebut menandakan hari pertama dalam kalender Lunar dan biasanya sih jatuh antara akhir Januari dan awal Februari pada kalender Masehi.


Seperti kebanyakan festival/perayaan kaum Tionghoa lainnya, tanggal Festival Musim Semi (Imlek) ditentukan dari sistem penanggalan Kalender China, yang terbagi dalam 12 bulan, setiap bulan terdiri 29.5 hari. Satu tahun (12 bulan) tersebut terdiri dari 24 musim yang didasarkan pada perubahan gejala alam dan waktu yang tepat untuk bercocok tanam atau memanen.

Puncak perayaan Imlek umumnya berlangsung 3-5 hari, termasuk pada malam Tahun Baru. Namun, sebenarnya periode tahun Baru China telah dimulai pada perayaan Laba (pertengahan bulan ke-12 kalender China) pada tahun sebelumnya, sampai menjelang Festival Lampion. Festival lampion tersebutlah yang menandai akhir dari perayaan Tahun Baru. Biasanya setelah itu tiap orang sudah siap buat kembali lagi ke aktifitas masing-masing.

Perayaan Imlek identik dengan merayakan semangat kehidupan baru dan sebagai ajang untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Tidak peduli seberapa jauh mereka dari rumah, ,mereka akan mencoba yang terbaik untuk pulang ke rumah untuk makan malam bersama keluarga. Namun, kesibukan kerja yang padat serta akomodasi yang tidak selalu mudah, membuat orang-orang tidak bisa berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman untuk merayakan Imlek bersama.

Untungnya, seiring dengan pertumbuhan informasi dan teknologi, walaupun kita gak bisa bertemu langsung dengan orang-orang tersayang, kita tetap bisa berkomunikasi jarak jauh dengan mereka. Salah satu media komunikasi yang murah, seruu, dan simpel adalah chatting. Apalagi kalo kamu chattingnya pake Windows Live Messenger. Suasana chatting kamu bareng orang-orang tersayang bakal kerasa lebih fun dan seru! Di Windows Live Messenger emoticon yang dipake beda dan lebih hidup, kapan lagi kamu bisa chatting dengan avatar kamu yang bisa kedip-kedip atau melambai-lambai, seruu deh! Suasana chatting kamu bakal jadi lebih hidup lagi!

Asiknya lagi ya, kamu bisa juga chatting sama temen atau keluarga kamu yang pake Messenger lain. Bikin group chat ampe 20 orang juga bisa! Buruan makanya chatting pake Windows Live Messenger, chatting sambil update status yang dilengkapin sama dynamic display picture, cuma di Windows Live (http://windowslive.com/) yang bisa kayak gitu:D


( *Sumber data: Xinhua News (19 Jan 2009), echnusa )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar